Apakah Anda atau saya adalah seorang penulis?


atau.. Apakah saya akan menjadi penulis? entahlah.. tapi kegiatan menulis tanpa saya sadari menjadi suatu kebutuhan. dan kebutuhan ini secara pelan tapi pasti, sepertinya akan membunuh saya. tapi tak apa, apabila kegiatan berhasil membunuh saya, maka saya akan merasa terhormat karenanya.

tapi ada satu kegiatan lain yang tidak bisa dipisahkan dengan menulis, yaitu membaca. mereka berdua ini seperti jodoh, saling melengkapi, saling menerima dan saling membutuhkan. dan sepertinya, saat ini mereka memang sedang berencana untuk membunuh saya.

ketika saya masih duduk di bangku smp, saya gemar sekali menulis. menulis puisi, prosa, laporan kegiatan hari itu, atau curhat tentang perasaaan saya. yang parahnya, saya suka nulis dimana-mana. tapi paling sering di kertas binder saya. dan masih saya simpan sampai sekarang. [dan saya berjanji tidak akan merombengnya, karena tulisan saya tidak semurah harga tawar-menawar dengan tukang rombengnya]. setiap selesai menulis, saya selalu menggambar dekoratif dibubuhi dengan tanda tangan saya. ^^ kalo dipikir sekarang, PeDe amat ya saya..yah gapapalah, toh sekarang itu masih jadi konsumsi pribadi saya. lulus dari bangku smp, memasuki masa-masa yang ‘indah’, saya semakin giat menulis. tapi sekali lagi, itu dibarengi dengan kegiatan lain yaitu, membaca. selepas sma, masuk di bangku kuliah. tahun pertama dan hampir tahun kedua saya, tidak ada yang berubah. saya masih tetep suka nulis, waktu itu saya sudah mengenal blog. saya masih tetep suka baca. sampai suatu waktu dimana keinginan melebihi segalanya. saya mulai bermimpi bahwa hari bukan hanya terdiri 24 jam, saya ingin lebih, 24 jam terasa kurang! saya mulai menjauh dari buku dan akibatnya saya jadi malu untuk menulis. beberapa waktu, saya mencoba untuk benar-benar melupakan mereka dan menjadi munafik dengan tetap mengaku suka membaca dan menulis, tapi tidak menghasilkan apa-apa. saya menjadi seorang yang tidak berani menerima kenyataan bahawa saya memang sedang melupakan mereka berdua. sehingga saya terus mengaku dan meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya tidak berpisah dari mereka. dan disinilah saya menyadari sesuatu ; menulis adalah kebutuhan saya, dan membaca adalah jodohnya. saya merasa bersalah telah mengkhianati mereka.

memasuki dimensi waktu dan ruang yang berbeda, saya membersihkan tumpukan-tumpukan buku yang berdebu dan membaca kembali tulisan-tulisan saya dahulu. seolah saya sedang meminta maaf mereka atas pengkhianatan yang telah saya lakukan dan mereka memaafkan saya. mereka berbisik kepada saya bahwa dalam dunia mereka, kehadiran mereka sangatlah dinanti. mereka punya banyak teman disana, mereka punya banyak gairah disana dan mereka punya banyak harapan dan ramalan yang besar terhadap diri mereka sendiri. tapi seiring dengan bangkrutnya waktu dan kompromi terhadap diri saya, maka mereka mimpi mereka perlahan terkubur. mendengar hal ini saya menjadi sedih, saya merasa sangat bersalah dan merasa menjadi manusia paling bodoh sedunia. namun, mereka kemudian berbisik lagi, bahwa mimpi mereka cuma terkubur, tidak mati, seperti benih yang dikubur untuk kemudian bertumbuh dan berkembang seiring waktu dan musim. saya semakin menagis tersedu. saya telah salah menilai kehidupan saya selama ini. saya peluk mereka dan mereka membalas pelukan saya. atmosfir udara seketika berubah, langit kemerahan dan matahari perlahan turun. saya menemukan diri saya kembali.

 

Apakah Anda gemar menulis? Tidak.

Membaca? Tidak.

? Saya hanya menjalin ikatan emosional dengan mereka.

Advertisements

3 thoughts on “Apakah Anda atau saya adalah seorang penulis?

  1. Grace, saya suka membaca, apalagi menulis, buktinya blog saya banyak:) Jarang lho manusia Indonesia kayak kamu , suka mbaca and menulis. It’s a good habit.

    Tapi baru saya tahu sekarang, kamu juga mudah menangis ya? Lh aitu di Facebookmu…

    Patris

  2. Salam luar biasa Grace,

    Numpang comment mba … hehehe…

    Selamat sudah bersahabat kembali lagi dengan si “menulis” dan “membaca”. Jadi pengen kenal juga nih sama mereka… hehehe…

    Tapi kayaknya ada sahabat baru juga tuh … si “berbicara” … 😀

    Di tunggu posting tentang si “berbicara” .. hehehe

    Salam sukses dan luar biasa,

    FIGHTTO OHH !!!
    aTho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s