Menyerah


Kamu temukan aku tergeletak di ujung jurang. Kamu tidak tanyakan namaku, kamu tidak pikirkan asalku, kamu tidak peduli rasku. Kamu angkat aku yang hampir berserah pada angin jurang yang akan menghempaskanku menuju kedalaman tak terhingga. Kamu mengangkat tubuhku dan membaringkanku pada pangkuanmu. Begitu lembut dan menyejukkan. Begitu aman dan terlindungi. Aku terhempas pada keangkuhanku sendiri dan mengakuinya; itu kamu.

Awan-awan mengabur. Matahari adalah pelitaku. Kamu menjunjungnya agar bersinar di kamarku pagi ini. Semerbak aroma bunga-bungaan yang kau tabur tadi malam senantiasa menjagaku tetap tenang dan percaya, bahwa itu adalah kamu. Aku tidak ingin bangun dari pelukan hangat ini. Karena hanya kematian yang akan menyambutku di ujung kehidupan. Aku ingin terus berada di sini, pada pelukanmu.

Hari beranjak tinggi dan awan-awan kembali datang. Ia membawa hujan yang mengosongkan bumi untuk dipenuhi. Menenggelamkan segala harapan, membangunkan mereka yang bermimpi dan menghanyutkan keinginan, tapi mengukuhkan kenangan-kenangan. Matahari adalah petunjuk, cahaya mengarah ke barat. Lenganmu tidak pernah di sini. Entah hatimu. Entah pikiranmu. Aku tidak peduli.

Gemuruh badai menerjang hari. Melewatkan malam dan memesona langit. Kemerahan alam bersuara. Memancarkan amarah atau kecewa. Aku tertatih, mencoba sedemikian rupa untuk melangkah padahal tak punya daya. Aku merengkuh udara, merengkuh alam, semuanya hampa. Kamu tidak pernah di sini. Aku kembali di ujung jurang. Tidak menghadang takdir, melainkan mengajaknya bersahabat. Badai ini adalah penuaian. Dan aku tidak ingin bertahan.

Advertisements

2 thoughts on “Menyerah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s