Panas


“Sebentar, apa memang kodratnya perempuan itu disakiti, tersakiti, menangis, dan terkesan lemah?”

 

Malam ini, hawa udara lebih panas dari malam-malam biasanya. Padahal kota ini terkenal dengan ademnya, tapi toh predikat itu berlaku pada musim-musim tertentu saja. Pada saat seperti ini, kota ini tetap terasa panas. Dahiku mengernyit tidak seperti biasanya pula. Lebih mengkerut dari biasanya. Bukan karena lelah, tapi karena pikiran yang menjelma jadi apa-apa yang akhirnya menyerang pikiran.

 

Perempuan punya banyak tandon air mata, yang asalnya pun saya tidak tahu dari mana. Perempuan punya tenaga lebih untuk sesenggukan dan terisak-isak. Perempuan punya olah vokal yang baik ketika harus menyusun kata-kata di tengah isakan yang semakin keras. Perempuan punya kemampuan bermain watak yang begitu baik, ketika ia harus menahan rasa. Namun, perempuan juga punya mental yang kuat ketika harus dilecehkan martabatnya.

Untuk yang kemampuan yang terakhir itu, dahi saya menjadi berlipat-lipat kerutannya. Kenapa perempuan tidak berhak heran, ketika ia tidak mendapatkan jawaban yang jelas atas pertanyaan yang diajukannya? Kenapa perempuan tidak berhak marah ketika dengan sengaja keadaan dibalikkan di hadapannya? Kenapa perempuan tidak berhak mengusap tangisnya, dan merubahnya menjadi pemikiran atau solusi, ketika pendapatnya tidak dihargai? Kenapa perempuan tidak berhak diberi ruang, ketika ia harus mengerjakan apa yang biasanya ia kerjakan? Kenapa perempuan tidak berhak untuk menatap balik lawan bicaranya, bukan untuk menantang, tapi untuk tidak diinjak-injak. Kenapa perempuan tidak berhak untuk tidak dianggap lemah, ketika tangan, kaki dan mulutnya terpasung?

 

Sungguh panas malam ini. Dahi saya mengkerut.

Advertisements

2 thoughts on “Panas

  1. sangat mendalam.. dg sedkit kesan alam cuaca …cocok dg rabindranath tagore yg astronomi.. sikon ini sering ditemui di kerjaan ku…dan untuk mu terus berkarya lah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s